SHARE

5 Strategi Kelola Restoran yang Efektif dan Efisien

Mengelola restoran yang efektif dan efisien adalah sebuah skill yang penting untuk terus dilatih dan dipelajari bagi setiap owner atau manager restoran.

Banyak aspek yang menjadi tanggung jawab dan harus dikontrol dalam mengelola restoran, mencakup operasional di muka (front of house) dan belakang (back of house) restoran mulai dari memimpin karyawan dan memastikan kinerja mereka optimal, terus meningkatkan pelayanan agar pelanggan puas, serta tentunya menjaga profit restoran.

Maka wajar saja jika kamu akan merasa kewalahan dan terkadang burnout dalam mengelola restoran, apalagi kalau skala restoranmu sudah besar dan punya banyak cabang di berbagai daerah. Menjaga kualitas dan nama brand restoranmu juga penting untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan serta mengembangkan bisnis restoranmu.

Dengan menerapkan strategi mengelola restoran yang efektif dan efisien secara konsisten, kamu bisa memaksimalkan potensi bisnis restoranmu dan menjalankan operasional restoran dengan lebih baik. Simak 5 strategi berikut untuk membantumu mencapai kesuksesan dalam mengelola restoran. 

1. Responsif & Adaptif Terhadap Perubahan

Responsif & Adaptif Terhadap Perubahan

Sumber: freepik

Mengutip dari tempo.co, potensi kegagalan bisnis kuliner di Indonesia bisa mencapai angka 90%. Sejalan dengan pernyataan tersebut, The National Restaurant Association memprediksi kesuksesan restoran berdasarkan data berada di angka 20%, sedangkan 60% restoran gagal pada tahun pertama operasionalnya, dan 80% gagal dalam rentang waktu 5 tahun sejak pembukaannya.

Bisnis F&B, termasuk restoran, sangat dinamis dan bisa mengalami perubahan yang cepat dalam waktu yang relatif singkat. Salah satu contoh adaptasi secara cepat yang harus diperhatikan adalah perubahan behavior pelanggan.

Misalnya pelanggan lebih senang dengan kemudahan pemesanan, maka sebagai owner/manager restoran, kamu bisa mulai mengadopsi teknologi seperti pemesanan dari meja (table order) atau self service dengan mesin kiosk untuk meminimalisir antrean sehingga pelanggan bisa lebih nyaman pesan (meningkatkan pengalaman makan pelanggan di restoran).

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan berbagai macam opsi pembayaran mulai dari bayar tunai sampai cashless sehingga pelanggan lebih mudah dan praktis dalam melakukan transaksi di restoranmu. 

Kamu bisa memanfaatkan teknologi dari ESB seperti ESB Order untuk membantu memperlancar dan memudahkan pelanggan dalam proses pemesanan sampai pembayaran pesanan di restoran.

Dengan fitur table order, pelanggan bisa memesan sampai melakukan pembayaran cashless dari meja mereka masing-masing. 

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan sistem self service dengan ESB KIOSK untuk memudahkan pelanggan memesan menu sendiri dengan melihat menu di layar sampai melakukan pembayaran secara mandiri. Teknologi dapat mempermudah kamu dalam mengelola restoran secara efektif dan efisien. 

2. Menggali data untuk memahami pelangganmu

Menggali data untuk memahami pelangganmu

Sumber: freepik

Pelanggan adalah kunci utama kesuksesan bisnismu sehingga memahami preferensi, keinginan, kebutuhan, kepuasan, dan behavior mereka merupakan prioritas yang harus kamu gali untuk membuat strategi bisnis restoran. 

Dengan mengumpulkan data yang reliable dan cukup terkait pelangganmu, kamu bisa membangun kepercayaan mereka dan menjalin hubungan yang lebih baik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.

Kamu bisa menyediakan pelayanan yang lebih menyenangkan dan terpersonalisasi untuk para pelanggan dengan memahami mereka lebih baik.

Mengutip data dari Avidly Agency, mendatangkan pelanggan baru lebih menguras biaya hingga 5 kali lebih mahal daripada menjaga loyalitas pelanggan yang sudah kamu punya.

Meningkatkan tingkat retensi pelanggan sebesar 5% mampu melejitkan profit restoranmu sebesar 25-95%.

Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan data pelanggan yang akurat, tapi efisien waktu dan biaya? ESB punya ESB Loop, program loyalitas pelanggan berbasis web yang fleksibel menyesuaikan kebutuhan restoranmu.

Kamu bisa mengatur poin, promo menarik, serta memberikan hadiah untuk menjaga loyalitas pelangganmu dan membuat mereka selalu kembali lagi ke restoranmu.

Kamu juga bisa menyusun strategi penjualan yang lebih terarah karena memiliki data pelanggan yang sudah terkumpul di dalam sebuah sistem sehingga lebih mudah diakses dan terorganisir. 

3. Mengelola Karyawan dengan Efisien

Mengelola Karyawan dengan Efisien

Sumber: freepik / pressfoto

Cara untuk mengelola karyawan restoranmu dengan efisien yaitu dengan mendelegasikan & membagikan pekerjaan sesuai dengan tanggung jawab serta memastikan mereka kompeten dan memenuhi standar pekerjaannya. Pastikan setiap karyawanmu paham dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya masing-masing untuk mencapai tujuan bisnismu. 

Kamu juga bisa meminta feedback juga secara berkala dari karyawanmu untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan pelanggan di restoranmu. Ada baiknya kamu memberikan karyawanmu ruang untuk memberikan kritik, saran, maupun insight terkait pelanggan karena beberapa karyawanmu lebih banyak berinteraksi dengan pelanggan sehingga mereka memiliki pemahaman dan dapat memberikan gambaran tentang pelanggan yang lebih menyeluruh.

Karyawan juga akan bekerja lebih baik serta merasa terhubung dengan lebih dekat dengan restoranmu saat kamu melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan.

Kamu juga memerlukan feedback ini untuk meningkatkan kualitas kinerjamu sebagai manager/owner agar bisa memimpin dengan lebih baik sehingga goals bisnismu bisa tercapai.

4. Adopsi Teknologi untuk Mengefisiensikan Operasional

Adopsi Teknologi untuk Mengefisiensikan Operasional

Sumber: Freepik

Teknologi bisa membantu operasional restoranmu berjalan lebih efisien dan efektif. Mulai dari merekap transaksi di restoranmu secara otomatis dan akurat ke dalam laporan penjualan, membantu mempermudah proses pembayaran pelanggan dengan menyediakan berbagai pilihan pembayaran digital yang langsung terhubung ke dalam sistem.

Mengumpulkan data pelanggan untuk mengembangkan strategi promosi, memantau kinerja karyawan, dan masih banyak lainnya, bisa otomatis dilakukan dengan mengadaptasi teknologi yang tepat sesuai kebutuhan restoranmu. 

Aturan yang bisa kamu terapkan agar restoran sukses dan meraup untuk optimal yaitu 30/30/30/10: 30% biaya bahan baku, 30% biaya karyawan, 30% biaya operasional, dan 10% profit margin.

Teknologi restoran yang tepat bisa membantu memangkas pengeluaran operasional, mengefisiensikan stok bahan baku dengan memantau stok secara berkala dan memastikan stok mencukupi kebutuhan dapur (tidak kurang maupun berlebih), serta mengefisiensikan biaya karyawan karena kamu bisa mengurangi jumlah karyawan. 

ESB sebagai satu-satunya solusi teknologi lengkap berbasis SaaS (Software as a Service) yang dirancang khusus untuk bisnis F&B bisa menjadi pilihan partner teknologi restoranmu.

Mulai dari aplikasi kasir, program loyalti (membership), sistem ERP dengan harga terjangkau, sampai marketplace yang mempertemukanmu dengan supplier bahan baku terverifikasi, semua kebutuhan restoran dari hulu ke hilir bisa lebih efisien dan efektif dijalankan dengan teknologi ESB. 

5. Promosikan Restoranmu dengan Media yang Tepat

Promosikan Restoranmu dengan Media yang Tepat

Sumber: freepik / storyset

Menyusun strategi promosi dan marketing yang tepat sasaran untuk restoranmu penting untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan membuat gaung tentang restoranmu sampai ke lebih banyak orang.

Promosi dan marketing juga penting untuk membuat bisnismu terus tumbuh, terus mendatangkan pelanggan baru, serta meningkatkan keuntungan restoranmu.

Di era digital ini, kamu bisa memanfaatkan platform online seperti media sosial, website, iklan digital untuk memasarkan restoranmu dengan biaya yang lebih murah pada channel yang banyak dipakai oleh sasaran marketing-mu. Promosi melalui media internet/ online paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan angka persentase sebesar 71,74% (BPS, 2020).

Pastikan kamu sudah mengidentifikasi dan menentukan keunggulan restoranmu (Unique Selling Points/ USPs), menentukan channel yang tepat untuk marketing, timeline promosi, dan analisis kompetitor sebelum menjalankan strategi marketing-mu. 

Gimana, sudah lebih siap dan percaya diri untuk mengelola restoran secara efektif dan efisien? Meskipun mengelola restoran bukan hal yang mudah, tapi kamu bisa menjawab tantangan ini dengan sukses jika mengambil langkah dan melakukan eksekusi yang tepat.

Jangan lupa, terus belajar dan jeli melihat peluang yang datang agar bisnis restoranmu terus berkembang!

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya