SHARE

Pasti Ampuh! Ini 8 Cara Mengembangkan Usaha Kulinermu

Usaha kuliner menjadi salah satu jenis bidang yang paling banyak diminati dan akan terus bereksistensi dalam waktu yang tergolong lama. Untuk memulai suatu usaha kuliner dibutuhkan perencanaan yang matang serta pemikiran tentang bagaimana cara mengembangkan usaha kuliner tersebut.

Kini industri kuliner harus mengikuti zaman yang terus berkembang, mulai dari visual sampai inovasi rasa. Sehingga menghasilkan hasil yang hebat di bidang kuliner mengikuti kemauan pasar.

Bisnis kuliner menjadi suatu hal yang menantang serta mengasyikkan. Hal tersebut disebabkan dengan ketatnya persaingan antar pelaku usaha kuliner.

Oleh sebab itu, kita diharuskan untuk memiliki jiwa kreatif dalam mengembangkan usaha kuliner agar tidak tertinggal oleh zaman yang sudah serba digital, namun tetap diterima dengan baik oleh konsumen dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. 

Menghadirkan menu-menu terbaru juga dapat menjadi cara agar para konsumen selalu datang ke restoran kita. Selain menu, cita rasa makanan juga menjadi salah satu hal terpenting dalam kelancaran sebuah bisnis kuliner. 

Keuntungan yang diraih dalam usaha kuliner juga cukup menjanjikan, mengingat makanan menjadi salah satu kebutuhan terpenting bagi setiap orang khususnya para pekerja yang tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri sehingga tentunya memesan makanan akan menjadi pilihan utama.  

Ini merupakan peluang bagi para pengusaha kuliner dalam memikat para pelanggan, dengan cara memanjakan lidah mereka dengan masakan-masakan yang bisa membuat konsumen ingin memesan makan secara berulang kali.

8 Cara Mengembangkan Usaha Kuliner

8 cara mengembangkan usaha kuliner

Sumber: freepik.com

Untuk meningkatkan keuntungan dalam usaha kuliner dibutuhkan cara untuk mengembangkan usaha tersebut. Berikut tips untuk mengembangkan usaha kuliner yang ingin kamu kelola agar semakin berkembang populer. 

1. Tingkatkan Kualitas SDM

cara mengembangkan usaha kuliner - tingkatkan kualitas sdm

Sumber: freepik.com

Kualitas SDM yang baik menjadi hal penting dalam usaha kuliner. Jika kamu mempunyai modal besar tapi tidak memiliki bakat dalam memasak, maka rekrut koki yang terampil dalam bidangnya untuk mengembangkan usaha kuliner. 

Selain itu kualitas SDM para karyawan dan juga pramusaji harus ditingkatkan, utamakan keramah tamahan serta kesopanan saat berhadapan dengan pelanggan tanpa memandang status sosial.

2. Desain Dari Tempat Usaha Kuliner Dibuat Semenarik Mungkin

cara mengembangkan usaha kuliner - desain dari tempat usaha kuliner

Sumber: freepik.com

Mungkin dahulu saat mengunjungi sebuah restoran atau tempat makan hanya sekedar untuk makan saja, kemudian langsung beranjak pulang setelah selesai makan.

Tapi seiring berkembangnya zaman, pemilik usaha harus membuat lokasi usaha mereka menjadi tempat makan yang nyaman dan membuat para konsumen betah berlama-lama, sehingga lokasi usaha kamu menjadi ramai pembeli. Oleh karena itu, buatlah terobosan inovasi terbaru seperti mempercantik desain restoran menjadi lebih nyaman dan unik, lengkapi juga fasilitas seperti WiFi gratis agar para konsumen betah. 

3. Gunakan Strategi Promosi

 

cara mengembangkan usaha kuliner - gunakan strategi promosi

Sumber: freepik.com

Promosi menjadi salah satu cara untuk mengenalkan produk kita ke pasaran. Tetapi perlu digaris bawahi, promosi yang dilakukan secara online akan jauh lebih efisien karena dapat menjangkau seluruh penjuru kota bahkan mancanegara. 

Pastikan strategi promosi usaha kamu agar dapat diterima dan menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang kamu tawarkan. 

4. Mulai Mempertimbangkan untuk Membuka Usaha Franchise

cara mengembangkan usaha kuliner - mulai mempertimbangkan untuk membuka usaha franchise

Sumber: freepik.com

Jika kamu merasa kuliner dirasa semakin berkembang, mulailah mempertimbangkan untuk membuka cabang baru agar usaha kuliner kamu semakin berkembang di berbagai daerah yang berasa jauh dari pusat tempat usaha kamu.

Sistem ini sudah sering kali digunakan oleh para pelaku usaha, terlebih pada bidang kuliner. Franchise merupakan usaha yang menjual brand atau merek kamu ke orang lain. Dengan hal itu, usaha yang kamu bangun tentu akan semakin diketahui banyak masyarakat dan memiliki pangsa pasar yang semakin luas. 

Usaha franchise tentu menjadi pilihan tepat untuk para pengusaha yang ingin memulai bisnis dengan modal yang terbilang kecil. 

5. Buka Cabang Baru

cara mengembangkan usaha kuliner - buka cabang baru

Sumber: freepik.com

Cara lain untuk mengembangkan usaha kuliner lainnya yaitu membuka cabang baru untuk usaha kamu. Jika usaha awal yang kamu rintis sudah semakin berkembang dan merasa kesulitan dengan ramainya pelanggan yang datang ke restoran kamu, membuka cabang baru dapat menjadi solusi yang tepat dalam mengembangkan usaha kuliner kamu. 

Tetapi perlu diperhatikan, cabang baru yang akan dibuka tersebut harus sesuai dengan usaha kamu sebelumnya, agar tidak mengecewakan pelanggan setia yang sudah menanti cabang usaha baru tersebut. Pastikan rasa dan pelayannya tetap sama seperti tempat usaha restoran kamu sebelumnya. 

6. Hidangkan Menu yang Lebih Variatif dan Juga Inovatif

cara mengembangkan usaha kuliner - hidangkan menu yang lebih variatif

Sumber: freepik.com

Mengenai persoalan menu, maka akan tertuju dengan rasa dan tampilan penyajian suatu makanan atau minuman. Jika rasa yang diberikan memuaskan tetapi segi visual kurang memuaskan, tentu konsumen menjadi ragu untuk mencicipinya. 

Hal ini berlaku juga dengan tampilan visual yang disajikan menarik, tetapi rasa yang diberikan kurang nikmat di lidah, maka pelanggan akan berpikir dua kali untuk mengunjungi kembali restoran kita. 

karena itu dibutuhkan keseimbangan antara kreativitas dan inovasi dalam mengolah menu menjadi sesuatu yang nikmat di lidah dan menarik untuk dilihat. 

7. Tingkatkan Kualitas Media Sosial

cara mengembangkan usaha kuliner - tingkatkan kualitas media sosial

Sumber: freepik.com

Dalam mempromosikan sebuah usaha kuliner yang dilakukan melalui media sosial, tentu dibutuhkan strategi yang berkualitas agar dapat menjangkau konsumen di mana saja dan kapan saja. 

Banyak platform marketing yang dapat dipakai untuk mempromosikan bisnis kuliner. Namun sosial media marketing sampai sejauh ini menjadi salah satu cara yang paling menjanjikan untuk bisnis kuliner. Berikut ini beberapa tips yang dapat meningkatkan kualitas media sosial untuk kepentingan promosi: 

1. Buat tim kecil khusus  yang membantu untuk mengelola konten promosi di sosial media

2. Tentukan tujuan promosi melalui sosial media

3. Membuat rencana untuk konten beserta jadwalnya agar lebih terstruktur dan terdokumentasi dengan baik

4. Berikan tanggapan terhadap segala komentar dari para pengguna sosial media di postingan yang telah di publish. 

5. Mulai untuk iklankan usaha kuliner kamu di sosial media, seperti memasang iklan di platform Facebook Ads dan Instagram Ads. 

6. Selalu pantau usaha marketing via sosial media seperti melihat berapa banyak jumlah like, konten yang sudah dibuat dan engagements. 

8. Tersedia di berbagai Aplikasi Pesan Antar Online

cara mengembangkan usaha kuliner - tersedia di berbagai aplikasi pesan antar online

Sumber: freepik.com

Daftarkan usaha restoran kamu ke berbagai aplikasi pesan antar makan online. Dengan hal itu, usaha kamu akan terus dikenal orang dan meningkatkan omset kamu.

Itulah beberapa cara mengembangkan usaha kulinermu agar meraih keuntungan yang signifikan dan cukup menjanjikan. Dengan tips di atas, besar harapan agar kamu sudah bisa memulai bisnis kuliner dengan tepat dan benar. Semangat sobat ESBPreneur!

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya