SHARE

Membongkar Struktur Organisasi Restoran: Kunci Keberhasilan Bisnis Kuliner

Bagi yang ingin memulai bisnis kuliner, struktur organisasi restoran haruslah canggih. Dalam menghasilkan keuntungan yang banyak memerlukan pertimbangan dan prospek yang menjanjikan.

Restoran adalah suatu tempat yang menyediakan pelayanan berupa makanan dan minuman tanpa harus berpindah lokasi agar mendatangkan keuntungan maupun laba.

Perlu kamu ketahui bahwa restoran ini biasanya dikelola oleh beberapa karyawan yang benar-benar bekerja dan setiap karyawan mempunyai tanggung jawab penuh sesuai dengan jabatannya.

Untuk mengetahui gambaran seperti apa struktur organisasi dalam sebuah restoran, kamu bisa membaca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Inilah Rincian Lengkap Dari Struktur Organisasi Restoran

Inilah Rincian Lengkap Dari Struktur Organisasi Restoran

Sumber: ligast

Menjalankan sebuah restoran membutuhkan staf atau sumber daya manusia dari berbagai bidang. Untuk itu struktur organisasi restoran harus sesuai dan memadai.

Struktur organisasi suatu restoran selalu memegang peranan yang sangat penting dalam kelancaran operasional suatu restoran. Hal ini dikarenakan pembagian tugas dan pekerjaan menjadi lebih efektif dan tidak hanya terfokus pada satu sistem manajemen saja.

Sederhananya, struktur organisasi mengacu pada sekumpulan hubungan yang terjadi antar individu dalam suatu kelompok.

Struktur ini kemudian diuraikan dalam bentuk bagan organisasi yang menggambarkan secara jelas tentang fungsi, tanggung jawab, dan wewenang dalam kegiatan usaha.

Selain itu, ada keuntungan atau manfaat jika memiliki organisasi di dalam restoran kamu. Para karyawan akan memiliki pemahaman yang jelas tentang posisi mereka dalam organisasi sehingga mereka akan tanggung jawab dengan penuh.

Terdapat juga cara untuk melihat jalur penyelarasan untuk kolaborasi lintas departemen dan bisa memperlihatkan kemampuan dari masing-masing divisi yang ada.

Tergantung pada struktur organisasi restoran, terdapat beberapa posisi dengan tugas dan tanggung jawab yang sangat berbeda. Tujuannya untuk mengoptimalkan kinerja masing-masing divisi.

Pembagian Jabatan Suatu Struktur Organisasi Restoran

Dalam sebuah struktur organisasi restoran dibagi dalam beberapa jabatan dan tugas, berikut daftar lengkap pembagiannya. 

Restaurant Manager

struktur organisasi restoran manager

Sumber: freepik.com

Jabatan tertinggi dalam struktur organisasi restoran adalah restaurant manager. Untuk posisi satu ini mempunyai tugas dan juga tanggung jawab terhadap devisa yang lainnya. Hal ini pun bertujuan untuk kelancaran seluruh operasional dari segala bidang yang ada di dalam restoran tersebut.

Assistant Restaurant Manager

struktur organisasi restoran asistant restoran manager
Sumber: freepik.com

Selanjutnya adalah asisten restaurant manager yang mana memiliki tugas dan juga tanggung jawab untuk bisa membantu pengelolaan restaurant manager di dalam pelaksanaan tugas pekerjaan sehari hari.

Selain itu juga, bisa juga untuk mengawasi berjalannya seluruh operasional yang sudah ada di dalam restaurant.

Head Waiter

struktur organisasi restoran head waiter

Sumber: freepik.com

Struktur organisasi restoran selanjutnya ialah head waiter. Jabatan satu ini adalah karyawan yang memiliki wewenang dan juga jabatan tertinggi di dalam divisi service, atau bisa dikatakan setara juga dengan supervisor, namun posisinya masih berada di bawah manajer outlet.

Tugas utama kepala pelayan atau head waiter adalah menangani semua pelayanan bisnis yang terjadi di dalam restoran. Ini adalah tugas khusus untuk kepala pelayan:

- Selalu memeriksa log book dan juga buku reservasi

- Selalu membuat rencana mengenai tempat yang sesuai dan juga tata letak dari dekorasi supaya tamu merasa nyaman saat berada di dalam restoran

- Segera memberikan pengetahuan dan juga arahan menu kepada seluruh staf bawahan sebelum restoran dibuka

- Mengawasi proses pelayanan di dalam restoran dan bertanggung jawab penuh dalam dalam kelancaran suatu bisnis restoran

- Segera memeriksa seluruh tugas yang sudah diinstruksikan, seperti absensi hingga jadwal kerja kepada semua bagian

- Segera membantu waiter dan captain dalam hal pelayanan tamu ketika restoran sedang ramai

- Siap menangani keadaan yang dirasa cukup darurat

- Segera menangani semua keluhan dari konsumen terhadap pelayanan yang sudah diberikan oleh restoran.

Captain

struktur organisasi restoran captain

Sumber: Freepik.com

Untuk struktur organisasi restoran, captain memiliki tugas dan juga tanggung jawab dalam hal melayani seluruh tamu yang datang dalam situasi tertentu, seperti dalam penyajian anggur, mengambil buku pesanan para tamu, selain itu adalah:

- Selalu mengawasi kinerja dari para waiter sesuai dengan SOP yang berlaku

- Mengawasi kebersihan di dalam dan luar lingkungan restoran

- Melakukan pengecekan kerapian dari para karyawan

- Tanggung jawab penuh terhadap seluruh kelengkapan dan juga peralatan

- Segera membuat program kerja yang berkaitan erat dengan kenaikan omset restoran

Waiter

struktur organisasi restoran waiter

Sumber: freepik.com

Waiter ini adalah seseorang yang bekerja dalam melayani para konsumen yang sudah datang. Namun selain melayani konsumen, waiter juga memiliki beberapa tanggung jawab dan tugas lainnya seperti: 

- Segera menyiapkan segala hal sebelum restoran ini dibuka

- Selalu menjaga kebersihan, keamanan dan juga keselamatan kerja

- Segera mencatat, melayani dan mengantarkan pesanan dari para konsumen

- Segera mengambil gelas dan piring kotor bekas para tamu restoran

Hostess

struktur organisasi restoran hostess

Sumber: freepik.com

Struktur organisasi restoran yang terakhir adalah hostess. Seseorang yang bertugas sebagai penyambut tamu yang datang dan masuk ke dalam restoran. Memberikan ucapan selamat datang, lalu mengajak para tamu untuk bebas memilih meja sebelum memberikan buku menu.

Itulah tugas dan juga tanggung jawab dari masing – masing pengemban jabatan dalam struktur organisasi restoran yang sangat lengkap.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya