SHARE

Cegah Kecurangan Laporan Keuangan dengan Teknologi Ini

Mengelola dan menjalankan bisnis bukan perkara mudah. Dibutuhkan pemahaman yang mendalam untuk segala aspek bisnis. Termasuk juga bagaimana mencegah terjadinya kecurangan laporan keuangan.

Adanya kecurangan laporan keuangan atau fraud sudah tentu akan merugikan bagi bisnis. Untuk menghindari terjadinya kecurangan, pencatatan pada laporan keuangan harus sebaik-baiknya. Saat ini juga sudah ada teknologi software tersendiri untuk mencegah kecurangan pada laporan keuangan.

Selain itu juga bisa dilakukan beberapa cara lain sebagai langkah pencegahan. Seperti di bawah ini.

Langkah dan Teknologi Untuk Mencegah Kecurangan Laporan Keuangan

1. Pelaksanaan SOP Lebih Diperketat


credit: https://pixabay.com/photos/chart-graph-finance-financial-data-2785902/

Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya kecurangan pada laporan keuangan adalah proses yang tidak sesuai. Entah itu pada pencatatan keuangan, sampai proses pelaporan yang tidak sesuai SOP.

Tentunya ada beberapa penyebab lain dari hal ini. Namun untuk mengatasinya, bisa dengan memastikan pelaksanaan SOP diperketat. Sehingga pada pelaksanaannya, SOP tidak bersifat teoritis saja.

2. Transparansi dalam Keuangan


credit: https://pixabay.com/photos/analysis-analytics-business-charts-1841158/

Tidak adanya transparansi dalam pengelolaan dan pengaturan keuangan perusahaan menjadi salah satu peluang terjadinya kecurangan. Untuk itu dalam perusahaan penting sekali mengutamakan transparansi. Terutama dalam proses pengelolaan, pengaturan, hingga pelaporan keuangan.

Transparansi bisa dicapai dengan berbagai cara berbeda. Mulai dari melalui komunikasi akuntansi yang baik antara pihak-pihak yang bertanggung jawab. Sampai juga akses untuk laporan keuangan yang terbuka.

3. Penyusunan Dokumen Akuntansi


credit: https://pixabay.com/photos/financial-analytics-blur-business-2860753/

Sistem akuntansi dan keuangan yang baik akan mampu mencegah terjadinya kecurangan. Perusahaan sebaiknya melakukan otorisasi pada sistem akuntansi. Termasuk juga dengan bagaimana menyusun dokumen akuntansi sebaik-baiknya.

Dokumen akuntansi serta yang berkaitan dengan keuangan seharusnya disusun dengan cermat dan lengkap. Kemudian melakukan proses pelaporan dalam periode-periode yang ditentukan.

4. Sistem Pengendalian Internal


credit: https://pixabay.com/photos/freelancer-apple-imac-iphone-763730/

Kecurangan laporan keuangan sebenarnya berpusat pada individu serta media yang digunakan. Seperti misalnya dokumen laporan keuangan yang tidak disusun dengan seharusnya. Sampai juga kecurangan yang dilakukan oleh individu.

Demi menghindari hal tersebut, perusahaan seharusnya memiliki sistem pengendalian internal. Adanya sistem ini akan memastikan masing-masing bagian memiliki porsi otoritas. Sehingga tidak ada kecurangan dan kesalahpahaman dalam melakukan tugas.

5. Menggunakan Teknologi Software Tepat


credit: ESB Core

Agar memudahkan pelaporan keuangan, sekaligus memastikan transparansi, komunikasi akuntansi, dan dokumentasi yang tepat. Perusahaan dapat menggunakan software khusus.

Software seperti ESB Core memudahkan dalam monitor lingkup keseluruhan bisnis. ESB Core menggunakan teknologi paling mutakhir yang akan melindungi aset. Sehingga menghindari terjadinya fraud.

Sistem yang terintegrasi menyeluruh dalam software ERP dari ESB Core memudahkan proses pelaporan keuangan. Tidak perlu was-was akan terjadi kecurangan laporan keuangan bila bisnis menggunakan inovasi software ini.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya