SHARE

6 Cara Pinjaman Dana Online Anti Reject

Indonesia merupakan negara berkembang dengan tingkat literasi keuangan yang masih di bawah 50%, sesuai Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Hal ini berdampak pada tingkat konsumsi masyarakat yang masih tinggi yakni 121,7 menurut survei konsumen yang Bank Indonesia lakukan pada September 2023 lalu. Di sisi lain, kemampuan untuk melakukan manajemen finansial masih minim. Sebanyak 60% gen Y dan Z tidak memiliki dana darurat.

Dana darurat penting jika sewaktu-waktu terjadi krisis moneter atau kehilangan pekerjaan. Jumlah dana darurat bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan setiap orang. Biasanya jumlah dana darurat yang aman harus mencukupi setidaknya kebutuhan hidup selama 3 bulan. Mengingat untuk mendapatkan pekerjaan lain atau memulai usaha perlu waktu dan jumlah dana yang tidak sedikit.

Karena tingkat konsumsi yang tinggi dan minimnya persiapan dana darurat membuat bisnis pinjaman online (pinjol) semakin menjamur. Setidaknya 101 pinjol legal terdaftar dan berizin di OJK. Dengan nilai pinjaman nasional per Agustus 2023 mencapai lebih dari 20 triliun rupiah.

Bila kamu tertarik untuk melakukan pinjaman online, baik untuk modal usaha ataupun memenuhi kebutuhan pribadi, kamu perlu perhatikan cara pinjaman dana online berikut sehingga kamu lebih siap sedari awal dan dana pinjaman bisa lebih mudah cair.

1. Mempersiapkan Semua Dokumen Persyaratan

Sumber : megapolitan.kompas.com

Sebelum mengajukan pinjol, kamu harus tahu cara pinjaman dana online yang pertama ini agar pengajuan pinjolmu terpenuhi dengan baik. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semua dokumen persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjol seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), nomor rekening bank, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan slip gaji.

Hal ini penting karena meminjam dana dengan jumlah yang besar perlu mempertimbangkan pendapatan per bulan. Di samping itu, pinjol legal yang terdaftar di OJK akan melakukan screening dengan ketat dan tidak akan meminta data yang bersifat privasi seperti nomor pin atau password rekening bank milikmu.

Berhati-hatilah dengan beberapa perusahaan pinjol yang hanya meminta foto KTP dan nomor ponsel saja. Bisa jadi pinjol tersebut ilegal dan akan menyulitkan kamu pada proses pelunasan pinjaman. Tetap pastikan data yang diminta oleh pinjol bukanlah data yang bersifat rahasia.

Mempersiapkan semua dokumen persyaratan ini adalah cara pinjaman dana online yang sangat penting kamu lakukan di awal agar memudahkan proses pengajuan pinjolmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu menunda proses karena telah menyiapkan semuanya sejak dini.

2. Sesuai dengan Syarat Pengajuan

Sumber: Freepik.com 

Cara pinjaman dana online berikut ini perlu dilakukan sesaat mempersiapkan dokumen, yaitu memperhatikan semua persyaratan dengan detail. Ada kalanya beberapa pinjol mensyaratkan usia minimal yang berhak mengajukan pinjaman ialah 21 tahun, sedangkan usia maksimalnya 60 tahun. 

Namun cukup banyak pinjol yang hanya mensyaratkan peminjam telah memiliki KTP. Artinya walau usiamu baru 17 tahun dan sudah memiliki KTP, kamu tetap dapat mengajukan pinjaman. Asalkan kamu telah bekerja atau memiliki penjamin yang berpenghasilan tetap seperti orang tua, saudara, atau wali.

Penghasilan bulananmu atau yang menjadi penjaminmu akan menentukan kelayakan batas maksimal nilai pinjaman. Semakin besar penghasilan bulananmu maka semakin besar pula nilai pinjaman yang dapat kamu ajukan. Walau beberapa perusahaan pinjol memberikan keringanan tanpa perlu menyertakan slip gaji.

Perlu kamu perhatikan bahwa penyertaan slip gaji ini memang penting buat proses pinjol, terutama pinjol legal yang terdaftar di OJK. Sebab dokumen tersebut akan merepresentasikan ekspektasi kemampuan bayar kamu sebagai peminjam, serta meminimalisasi risiko gagal bayar yang mungkin terjadi. Dengan begitu penyedia pinjol tidak akan merugi.

Cara pinjaman dana online yang kedua ini terkadang dipandang sebelah mata, padahal persyaratan menentukan dokumen yang sudah kamu siapkan akan bisa diproses atau tidak.

3. Memiliki Catatan Kredit yang Baik

Sumber: Unsplash / Averye457

Cara pinjaman dana online berikutnya adalah memastikan riwayat kreditmu berstatus aman. Riwayat kredit adalah catatan peminjaman atas nama peminjam yang pernah dilakukan, baik melalui pinjol maupun di bank yang berizin dan diawasi oleh OJK. Sebagai peminjam dana, hal ini wajib kamu lakukan.

Semua riwayat kreditmu tercatat pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Melalui sistem ini juga kamu dapat mengecek skor kredit dengan mengakses laman web https://idebku.ojk.go.id. 

Apabila sebelumnya kamu pernah mengajukan kredit atau pinjaman, kemudian melakukan proses pelunasan dengan lancar, semestinya kamu memiliki catatan riwayat kredit yang baik. Biasanya perusahaan pinjol akan meminta riwayat kreditmu ini dan besar kemungkinan pengajuan pinjamanmu akan cepat disetujui. 

Sebaliknya bila terdapat catatan masalah pelunasan pembayaran pada riwayat kreditmu, maka pengajuan pinjamanmu kemungkinan besar akan sulit disetujui. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu pastikan selalu melakukan pelunasan pinjaman dengan lancar. Jangan skip cara pinjaman dana online yang satu ini, ya.

4. Sesuaikan Lokasi Domisili dengan Area Layanan

Sumber: Unsplash / Steviezh

Beberapa perusahaan penyedia pinjol terbilang fleksibel dalam memberikan pinjaman. Ada perusahaan pinjol yang servisnya dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia, di manapun lokasi domisilinya. Namun, sebagian perusahaan pinjol ada yang memiliki layanan terbatas, berlaku di area tertentu saja.

Cara pinjaman dana online ini akan jauh lebih efektif bila dilakukan sesuai lokasi tempat tinggalmu berada. Karena itu, kamu perlu mempertimbangkan penyedia pinjol yang memiliki layanan penuh sesuai domisilimu. Bila terjadi keadaan darurat kamu dapat dengan mudah mengakses layanan tanpa terkendala geografis. 

Di samping itu, pemilihan layanan pinjol yang sesuai domisilimu dapat mempercepat proses pengajuan dana. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu dapat memilih lebih dari satu perusahaan penyedia pinjol sebagai alternatif bila sulit mendapatkan persetujuan dari perusahaan tersebut. 

5. Memastikan Nomor Telepon Selalu Aktif

Sumber: Unsplash / Wesley_squared

Umumnya, perusahaan penyedia pinjol akan melakukan verifikasi melalui nomor telepon sebelum menyetujui pinjaman. Kamu perlu memastikan kontak yang kamu daftarkan masih aktif selama jangka waktu pelunasan pinjol. Hal ini menghindari gangguan dari teror pinjol ke nomor kontak penjaminmu.

Memastikan kontakmu selalu aktif adalah hal yang perlu dilakukan sebagai cara pinjaman dana online yang baik. Sebab perwakilan perusahaan penyedia pinjol biasanya akan menghubungi kontakmu melalui telepon apabila kamu belum melakukan pembayaran pada saat jatuh tempo.

Dengan mengaktifkan kontakmu, perusahaan pinjol dapat dengan mudah menghubungimu secara langsung. Selain itu, kamu juga dapat memberikan keterangan secara jelas mengenai penyebab kamu belum dapat melunasi pembayaran sampai hari jatuh tempo tersebut.

Dengan tetap mengaktifkan nomor telepon serta memberikan alasan yang berdasar, penyedia pinjol pasti akan mempertimbangkan kamu sebagai peminjam yang taat aturan. Walau demikian, ketuntasan kredit tetap menjadi pertimbangan besar dalam memberikan pinjaman dana. Jadi, jangan remehkan cara pinjaman dana online ini, ya!

6. Mengajukan Pinjaman Sesuai Kemampuan

Sumber: Unsplash / Mufid Majnun

Cara pinjaman dana online terakhir yang paling penting dan perlu kamu perhatikan adalah mengajukan pinjaman sesuai kemampuanmu. Perusahaan pinjol akan menilai apakah seseorang berhak untuk mendapatkan pinjaman sesuai dari kemampuan membayarnya. 

Jangan mengajukan pinjaman yang sekiranya bisa terlalu memberatkan. Perhatikan persentasenya dengan penghasilan perbulan. Walaupun riwayat kreditmu aman, sebaiknya kamu tidak perlu memaksakan untuk meminjam dana dengan nominal yang terlalu tinggi, apalagi melebihi kemampuan finansialmu.

Nominal yang terlalu tinggi dapat menjadi bumerang buatmu sendiri. Selain perusahan pinjol akan mempertanyakan hal ini, kamu juga akan kerepotan karena kesulitan melakukan pembayaran di setiap bulannya. Perhitungkan dengan matang sebelum mengambil keputusan. Terutama bila tujuan pengajuan pinjaman hanya untuk konsumtif semata.

Sebaliknya, bila kamu memiliki usaha kecil (UMKM) dan butuh modal untuk mengembangkan usahamu, kamu berhak mengajukan dana sebesar nilai yang diperlukan. Pengajuan dana pinjaman seperti ini bersifat produktif. Artinya, dana tersebut akan diputar untuk menghasilkan uang kembali.

Kabar gembira buat semua pebisnis dan pemilik UMKM kuliner, kamu dapat mengajukan modal usaha hingga 500 juta rupiah melalui ESB Capital. Ini adalah program ESB untuk mendukung para pengusaha kuliner di Indonesia untuk mengembangkan usahanya. 

ESB akan memberikan rekomendasi kepada rekanan bank atau penyedia modal usaha. Namun, untuk mengakses program ini, kamu perlu berlangganan produk ESB setidaknya 6 bulan dan memiliki laba yang positif sebagai bentuk kepercayaan penyedia modal kepada usaha kulinermu.

ESB Capital bisa jadi cara pinjaman dana online buat modal usaha yang kayak kamu coba. Karena bekerja sama dengan bank dan penyedia dana yang kredibel, berizin dan diawasi oleh OJK. 

Berhati-hatilah sebelum melakukan mengajukan dana pinjol. Bila kamu akan melakukannya, pastikan perusahaan tersebut aman dan terjamin. Perhatikan bunga pinjaman yang harus kamu bayarkan bersamaan dengan dana utama.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya