SHARE

5 Strategi Supply Chain Untuk Optimasi Distribusi Restoran

Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi rantai pasokan di restoran yang sedang kamu kelola adalah melalui penggunaan Supply Chain Management (SCM). Implementasi SCM ini akan secara signifikan menyederhanakan dan memudahkan operasi bagi semua pihak yang terlibat dalam bisnis tersebut, termasuk pelanggan, produsen (manufaktur), distributor, dan pemasok (supplier).

Tujuan dari menerapkan SCM ini adalah untuk mengurangi biaya dari tahap produksi hingga distribusi. Namun kendati demikian, pebisnis diharapkan memastikan bahwa bisnis masih mampu memenuhi permintaan konsumen dan pelanggan dengan maksimal.

Untuk mengoptimalkan strategi SCM, tentu ada beberapa tantangan yang harus diatasi oleh para pebisnis. Salah satunya adalah perubahan yang konstan dalam dunia teknologi yang menuntut manusia untuk dapat beradaptasi secara terus-menerus.

Oleh karena itu, untuk menjaga kelangsungan bisnis restoran yang telah kamu miliki, penting untuk segera merancang strategi SCM yang dapat diimplementasikan dengan cepat.

Berikut Beberapa Strategi Supply Chain untuk Mengoptimalkan Distribusi Restoran

1. Membangun Hubungan Baik Dengan Partner Kemitraan

Membangun Hubungan Baik Dengan Partner Kemitraan Menjadi Salah Satu Strategi Supply Chain

Sumber: Microthings

Salah satu strategi yang efektif yang mampu kamu lakukan adalah membangun dan menjaga hubungan kemitraan yang kuat dengan setiap supplier. Komunikasi yang efektif sangat penting dalam memelihara hubungan tersebut.

Dengan menjalin kemitraan yang baik, kamu akan mengalami dampak positif seperti kemudahan dalam transaksi, peningkatan volume pesanan, dan mengurangi potensi konflik yang mungkin timbul.

2. Membuat Perencanaan Berdasarkan Permintaan Konsumen

Membuat Perencanaan Berdasarkan Permintaan Konsumen Menjadi Salah Satu Strategi Supply Chain

Sumber: Freepik.com

Salah satu strategi supply chain yang bisa kamu terapkan selanjutnya adalah membuat perencanaan berdasarkan permintaan konsumen.

Prinsip SCM yang dimaksud di sini adangan dengan melibatkan manajemen permintaan yang lebih spesifik, termasuk menetapkan target pencapaian, menerapkan strategi perencanaan yang telah dibuat, dan menetapkan tujuan atau menyusun (goals) dengan waktu yang sesuai dengan kemampuan bisnis restoran.

Perencanaan berdasarkan permintaan konsumen ini dapat didasarkan pada preferensi dan daya tarik dari pelanggan terhadap bisnis restoran yang kamu miliki. Jika terdapat inovasi menu terbaru yang diminati oleh pelanggan, mungkin kamu bisa mencobanya.

3. Buat Virtual Company di Internet

Buat Virtual Company di Internet Menjadi Salah Satu Strategi Supply Chain

Sumber: Freepik.com

Membangun virtual company di internet dapat menjadi strategi supply chain yang efektif. Dengan langkah ini, restoran kamu dapat terhubung dengan dunia pasar yang jauh lebih luas, dan para pemasok barang akan siap menyediakan bahan-bahan yang kamu perlukan.

Namun, sebelum memulai virtual company ini, penting untuk memaksimalkan manajemen di restoran Anda. Hal ini akan membantu mengurangi biaya operasional, meningkatkan efisiensi operasional, dan membuka peluang untuk inovasi lebih luas lagi. 

4. Lakukan dan Terapkan Cara Integrasi Vertikal

Lakukan dan Terapkan Cara Integrasi Vertikal Menjadi Salah Satu Strategi Supply Chain

Sumber : Aksaragama.com

Untuk meningkatkan kemampuan produksi restoran dalam memanfaatkan barang dari pemasok, penerapan integrasi vertikal dapat menjadi solusi yang efektif. Integrasi vertikal terbagi menjadi dua jenis, yaitu integrasi maju dan integrasi mundur.

Integrasi maju melibatkan pemilik restoran untuk melakukan pembelian barang atau produk jadi dari produsen atau pemasok. Di sisi lain, integrasi mundur, yang lebih berisiko karena melibatkan para pelaku restoran untuk melakukan langkah-langkah dalam menginvestasikan uang yang telah ada dalam restoran. 

5. Sistem ERP Untuk Strategi Supply Chain

Sistem ERP Untuk Strategi Supply Chain

Sumber: nesabamedia

Langkah strategis terakhir yang bisa kamu terapkan dalam mengelola restoran adalah memanfaatkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang meningkatkan akses informasi penting dalam bisnis yang sedang kamu jalankan.

Dalam usaha restoran memerlukan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk pengambilan keputusan yang cerdas dalam strategi SCM. Sistem ERP memungkinkan manajemen restoran untuk mengakses inventaris, data produksi, pembelian, dan informasi penting lainnya, yang semuanya penting untuk pengambilan keputusan strategis di dalam restoran.

Dengan memanfaatkan sistem ERP, restoran dapat lebih mudah mengontrol kinerja para pemasok barang dan memastikan bahan baku tersedia tepat waktu. Kamu juga dapat langsung mengakses semua produk yang tersedia di sana untuk merancang strategi supply chain dalam usaha restoran dengan lebih efisien.

Itulah 5 strategi supply chain, dengan menerapkan kelima strategi tersebut, restoran kamu siap untuk mengoptimalkan distribusi dan menghadapi beragam tantangan dalam industri kuliner. 

Mulai dari membangun hubungan yang kuat dengan pemasok hingga memanfaatkan teknologi ERP, langkah-langkah tentunya dapat membantu restoran kamu mencapai efisiensi operasional, meningkatkan kualitas layanan, dan memperkuat posisi di pasar. Dengan demikian, restoran kamu terbukti siap bersaing dan berkembang dalam dunia yang semakin kompetitif ini.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya