SHARE

5 Peran Penting Inventory Management dalam Bisnis Kuliner

Inventory management mencakup proses penyediaan dan pengelolaan stok bahan baku. Pada bisnis kuliner, inventory management perlu diperhatikan dan dijalankan dengan efektif untuk menjaga ketersediaan bahan baku agar tidak berlebihan, juga untuk tetap dapat memenuhi permintaan customers dengan kualitas yang sesuai standar bisnismu serta memuaskan bagi customers.

Dengan melakukan inventory management yang efektif, bisnis kulinermu bisa terhindar antara lain dari kelebihan atau kekurangan stok bahan baku, penurunan kualitas produk, serta kerugian finansial yang disebabkan oleh penyediaan atau kontrol stok tidak optimal.

Selain alasan yang sudah disebutkan sekilas di atas, ada beberapa hal lain yang membuat inventory management penting untuk dioptimalkan dalam bisnis kulinermu. Yuk, langsung saja simak peran penting inventory management yang efektif dalam praktik bisnis kuliner!

1. Membuat Perkiraan (Forecasting) yang Akurat

Membuat Perkiraan (Forecasting) yang Akurat

Sumber: freepik

Pembuatan forecasting stok bahan baku untuk membuat strategi bisnis kulinermu memerlukan data dari inventory management. Apalagi, tanpa bahan baku yang mencukupi dan berkualitas, bisnis kulinermu tidak akan berjalan lancar.

Perkiraan permintaan stok bahan baku yang akurat bisa dengan melihat data riwayat penjualan menu di restoranmu atau melihat tren musiman (seperti misal pada bulan Ramadan, penjualan beberapa menu akan meningkat drastis sehingga perlu mempersiapkan jumlah stok yang lebih banyak). 

Bagaimana jika kamu salah dalam membuat forecasting? Hasilnya, stok bahan baku di restoran/outlet-mu bisa bermasalah, baik itu kehabisan bahan baku (stockouts) atau kelebihan bahan baku (overstock).

Hal ini bisa dicegah dengan membuat perkiraan yang akurat sehingga kamu bisa mengontrol persediaan bahan baku secara efektif dan bisa membantumu untuk menghitung kuantitas bahan baku yang harus dipesan dan menentukan waktu pemesanannya secara lebih akurat.  

2. Menghemat Biaya Penyediaan Bahan Baku & Mengoptimalkan Cashflow

Menghemat Biaya Penyediaan Bahan Baku & Mengoptimalkan Cashflow

Sumber: freepik

Inventory management yang tepat sudah pasti akan membantu mengefisiensikan biaya bisnis kulinermu. Kamu bisa meminimalisir kesalahan pemesanan bahan baku, baik kesalahan jenis bahan baku atau kesalahan kuantitasnya sehingga biaya operasional tidak membengkak. 

Selain itu, stok bahan baku dalam bisnis kuliner memiliki masa simpan yang relatif pendek sehingga inventory management penting untuk menghindari adanya bahan baku yang kadaluwarsa atau sudah tidak layak untuk digunakan. Jika stok bahan baku yang terbuang karena sudah tidak fresh jumlahnya banyak, maka risiko kerugian bisnismu pun akan meningkat.

3. Pantau dan Kontrol Inventori Restoranmu Secara Real Time

Pantau dan Kontrol Inventori Restoranmu Secara Real Time

Sumber: freepik

Saat kamu memilih inventory management yang sudah otomatis oleh sistem, misalnya dalam suatu aplikasi, kamu bisa memantau persediaan dan pergerakan stok bahan baku di restomu secara real time.

Sistem inventory management yang sudah mengintegrasikan teknologi dapat mempermudah dan membuat proses penyediaan bahan baku lebih akurat dan otomatis.  

Pemantauan ketersediaan bahan baku secara real time di restoranmu juga dapat memudahkan staf restoran untuk mengontrol bahan baku serta mengamankan bahan baku dengan masa simpan yang relatif pendek sehingga bisa tetap fresh dan kualitasnya baik. Mereka juga bisa memesan bahan baku tepat waktu sehingga tidak akan menghambat proses produksi atau menurunkan kualitas pelayanan di restoranmu.

Jika restoranmu kekurangan bahan baku karena ketersediaannya tidak terpantau secara real time dengan cermat atau karena kesalahan dalam membuat perkiraan (forecasting), maka proses produksi atau pelayanan di restoranmu pun bisa terganggu.

Jika hal ini sampai terjadi, maka bukan saja dapat mengakibatkan kerugian bagi bisnis kulinermu.  Maka dari itu, penting untuk memilih sistem inventory management yang efektif agar bisnismu dapat berjalan dengan lancar dan pelayananan di restoranmu pun prima. 

4. Membangun Relasi yang Positif dengan Supplier

Membangun Relasi yang Positif dengan Supplier

Sumber: freepik

Sebagai pebisnis kuliner, tentunya kamu perlu membangun hubungan yang baik dengan supplier bahan baku restoranmu. Dengan melakukan inventory management yang tepat dan efektif, kamu bisa menjalin relasi yang baik dan positif dengan para supplier karena kamu bisa membayar stok bahan baku yang kamu pesan tepat waktu. 

Relasi yang positif dengan supplier dalam jangka panjang akan membuatmu lebih tenang karena stok bahan baku relatif aman, cenderung lebih mudah juga untuk mencapai kesepakatan harga bahan baku, serta menjaga kualitas bahan baku yang digunakan di restoranmu. Kelancaran hubunganmu dengan supplier akan membantumu mencapai target bisnis kulinermu. 

5. Mempermudah Pengambilan Keputusan Bisnis

Mempermudah Pengambilan Keputusan Bisnis

Sumber: freepik

Mengutip dari Navi World, inventory management yang efektif bisa membantumu membuat proyeksi penjualan yang lebih akurat dan permodalan yang lebih tepat sasaran (tidak terlalu banyak menaruh modal untuk stok bahan baku). 

Mengetahui produk yang paling laris terjual atau yang paling sedikit terjual dapat membantumu untuk menyusun strategi promosi agar target penjualan restoranmu tercapai.

Selain itu, karena pergerakan bahan baku dapat terpantau dengan jelas, kamu bisa fokus untuk meningkatkan kualitas produk dan membuat timeline pemesanan bahan baku sampai produksinya yang lebih akurat.

Dengan mengetahui perbandingan harga modal dan harga jual pada sistem management inventory-mu, kamu bisa membuat strategi bisnis yang lebih efisien dan profitable dengan tetap menjaga kualitas bahan baku di restoranmu. 

Peran Teknologi dalam Inventory Management

Dalam bisnis kuliner, baik yang masih di level UMKM maupun sudah di level enterprise, sistem inventory management yang efektif dan akurat penting untuk mengetahui dan memantau jumlah bahan baku, produk yang sudah terjual, hingga perhitungan laba & rugi bisnismu. 

Pencatatan sampai laporan stok bahan baku hingga laporan laba rugi juga menjadi lebih rapi dan akurat dengan adanya sistem inventory management. Risiko kesalahan manusia (human error) juga bisa diminimalisir dengan cara ini. Selain itu, kamu juga bisa mengefisiensikan waktu dan biaya.

Penggunaan teknologi untuk memudahkan dan membantu inventory management bisnis kulinermu agar efektif dan akurat. Dengan menggunakan teknologi yang tepat seperti fitur inventori pada ESB POSLite, kamu bisa memantau dan mengelola bahan baku di restoranmu dengan lebih efisien sehingga target penjualan juga bisa tercapai.

Kamu bisa memantau ketersediaan stok bahan baku dari mana saja hanya dari aplikasi kasir ESB POSLite karena fitur inventori sudah terintegrasi di dalam satu ekosistem ESB POSLite. 

Lewat fitur Inventori di ESB POSLite, di antaranya kamu bisa:

  1. Mengelola bahan baku lebih efisien
  2. Mengatur resep menu lebih mudah
  3. Mengakses dashboard & laporan inventor
  4. Membuat laporan laba rugi yang lebih akurat
  5. Mengatur Harga Pokok Penjualan (HPP)
  6. Otomatis mendapatkan laporan laba rugi

Mengintegrasikan teknologi ke dalam sistem pemantauan dan kontrol stok bahan baku dalam bisnis kulinermu bisa membantumu untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas bisnis, serta mengurangi risiko kerugian bisnis.

Tidak perlu takut mahal untuk bisa mendapatkan aplikasi kasir ESB POSLite dengan fitur inventori karena kamu cukup membayar Rp 149 ribu/bulan* untuk langganan tahunan. Nikmati benefit sistem manajemen bahan baku dengan harga yang terjangkau untuk bisnis kulinermu. Yuk, cobain sekarang!

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya