SHARE

Pengetahuan Penting Seputar Aplikasi Kasir yang harus kamu Tahu!

Sebuah bisnis tidak bisa dikelola secara sembarangan, termasuk bisnis kuliner. Semua aspek harus ditangani dengan baik dengan persiapan yang matang. Namun di era digital ini para pebisnis telah memiliki banyak opsi untuk bisa membuat bisnisnya semakin praktis dengan aplikasi kasir.

 

Dengan aplikasi kasir, pebisnis dapat meningkatkan performa bisnisnya mulai dari pencatatan transaksi, mengelola stok, hingga menyusun strategi bisnis dari hasil laporan penjualan & laporan keuntungan. Tapi masalahnya, semakin banyaknya aplikasi yang bermunculan membuat para pebisnis cukup kebingungan dalam memilih aplikasi kasir yang tepat untuk bisnis mereka. 

Sebenarnya apa aja sih hal-hal krusial yang harus kamu perhatikan sebelum memilih aplikasi kasir? Yuk, simak pembahasan singkatnya berikut ini!

Tips Memilih Aplikasi Kasir Terbaik yang Wajib Diketahui

Berikut beberapa tips yang wajib kamu ketahui & perhatikan saat memilih aplikasi kasir untuk bisnismu:

 

1. Kenali Kebutuhan Bisnismu

Dengan mengenali kebutuhan bisnis, kamu jadi bisa lebih mengerucutkan pilihan aplikasi sesuai dengan kegunaannya. Misalnya, ketika sedang mengelola bisnis yang masih di skala UMKM. Maka sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi kasir yang didesain khusus untuk UMKM & memberikan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh UMKM, seperti ESB POSLite.

 

2. Melihat Kelengkapan Fitur

Setelah tahu apa yang bisnismu butuhkan, maka hal berikutnya kamu dapat melihat fitur-fitur yang ditawarkan. Umumnya, aplikasi kasir dilengkapi dengan fitur pencatatan transaksi, laporan penjualan, hingga ketersediaan stok. Namun banyak juga aplikasi kasir yang memiliki fitur pendukung lain yang lebih lengkap. Kembali lagi, pastikan fitur-fitur tersebut memang kamu butuhkan untuk menjawab kebutuhan bisnismu.

 

3. Pilih yang Terhubung ke Cloud

Demi keamanan data, sebaiknya pilih aplikasi yang terhubung ke penyimpanan cloud. Tentunya ini bisa meningkatkan kemudahan & kenyamanan kamu dalam mengelola bisnis.

 

4. Fitur Sistem Keamanan

Dengan segala kemampuannya, aplikasi kasir akan menyimpan beberapa data rahasia. Jadi pastikan aplikasi yang kamu pilih mampu menjamin keamanan data & memberikan pengaturan hak akses ke setiap user (karyawan).

 

5. Tim Support yang Mudah Dihubungi

Hal ini tentu agar kamu bisa cepat mendapatkan solusi saat menemukan kesulitan saat menggunakan aplikasi kasir. Hal ini bisa sangat fatal, karena biasanya para vendor tidak mengangkat isu yang sangat penting bagi para pebisnis ini. Bahkan mereka tidak bisa menjanjikan after sales yang baik.

 

Maka dari itu, pebisnis disarankan untuk sangat teliti saat memilih aplikasi kasir. Pebisnis harus tahu kualitas after sales dari aplikasi kasir tersebut, apakah ada tim support yang siaga & apakah layanan support tersebut berbayar atau tidak.

 

6. Mudah Dioperasikan (User Friendly)

Jangan sampai aplikasi kasir justru menyulitkanmu, jadi pilihlah yang mudah untuk dioperasikan baik olehmu ataupun karyawanmu.

 

7. Akurat, Cepat & Efisien

Pilihlah aplikasi yang performanya andal. Dengan begitu kamu dapat menggunakan aplikasi kasir pilihanmu dalam jangka panjang & kamu bisa lebih mudah mengelola bisnis.

 

8. Sesuaikan dengan Budget

Tentu kamu akan lebih tertarik dengan harga yang murah, bukan? Namun perlu diingat murah belum tentu menjamin kamu bisa mendapatkan spesifikasi yang kamu butuhkan. Jadi kamu juga harus menyesuaikan antara harga dan fitur yang kamu dapatkan.

 

9. Kompatibilitas

Terakhir, carilah aplikasi kasir sesuai dengan perangkat (device) yang kamu miliki, sehingga kamu tidak perlu lagi membeli perangkat tambahan. Contohnya, jika kamu memiliki perangkat Android atau iOS maka pilihlah aplikasi yang bisa digunakan secara mobile.

 

Sebaliknya, jika memiliki laptop atau desktop maka kamu bisa memilih software yang bisa dioperasikan dengan Linux maupun Windows.

Itulah beberapa pengetahuan penting seputar aplikasi kasir untuk bisnismu. Ulasan di atas tentu bisa membantu kamu dalam memahami apa yang dibutuhkan untuk bisnis kulinermu. Jadi, jangan lupa untuk terapkan tipsnya saat memilih aplikasi kasir, agar kamu bisa lebih mudah dalam mengelola bisnis.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya