SHARE

Mengapa Brand Refreshment Harus Dilakukan? Pelajari di Sini!

kamu pernah engga sih melihat sebuah brand dengan logo yang terus berubah pada kurun waktu tertentu? atau mungkin kamu melihat sebuah brand dengan desain kemasan dan tata letak toko yang selalu diperbaharui? 

Jika kamu pernah melihatnya, itu yang dinamakan dengan "brand refreshment". Sekilas jika diketahui dasar pengertiannya, brand refreshment merupakan proses penyegaran atau pembaruan pada elemen-elemen visual, pesan, dan identitas merek suatu produk atau perusahaan. Tapi ternyata, hal tersebut menjadi peran penting bagi sebuah perusahaan dalam memasarkan produk loh. 

Untungnya kamu berada di artikel yang tepat nih, karena dalam artikel ini akan membahas mengenai apa itu brand refreshment dan alasan mengapa brand refreshment sangat penting bagi bisnismu.

Pengertian dari brand refreshment!

Pengertian dari brand refreshment

Sumber: Freepik.com

Brand refreshment adalah penyegaran merek yang melakukan perubahan kecil pada branding bisnis kamu. Perubahan tersebut bisa mencakup elemen visual, namun juga bisa melibatkan unsur suara.

Dalam istilah sederhana, brand refreshment bisa diibaratkan seperti memberikan wajah baru pada merek agar terlihat segar dan menarik bagi pelanggan yang ada maupun yang potensial

Brand refreshment juga biasanya dilakukan dengan perubahan logo, pengubahan color palette, adanya font baru dalam logo, sampai tagline yang disesuaikan dengan trendnya.

Dengan melakukan brand refreshment, perusahaan bisa memastikan bahwa sebuah merek bisa tetap up-to-date dengan tren pasar yang terus berubah.

Meski brand refreshment bisa memberikan keuntungan besar bagi perusahaan, seperti meningkatkan keterlibatan pelanggan dan meningkatkan citra merek, tapi ada juga tantangan yang harus kamu lakukan. Seperti tuangkan daya kreatifmu ketika melakukan brand refreshment. 

Setelah mengetahui pengertian dari brand refreshment, kamu juga harus tau seberapa penting sih brand refreshment dalam sebuah merek atau perusahaan. Simak terus artikel ini sampai habis ya!

Alasan mengapa kamu perlu menerapkan brand refreshment dalam bisnismu

Alasan mengapa kamu perlu menerapkan brand refreshment dalam bisnismu

Sumber: Freepik.com

Sebagai pemilik bisnis, gak ada ruginya buat melakukan brand refresh merekmu, lho! Selain bikin untung, ini juga bisa bantu majuin bisnismu. Sayangnya, banyak pelaku bisnis yang nggak terlalu peduli sama hal ini. Padahal, ada beberapa alasan penting kenapa bisnismu harus kasih sentuhan segar pada mereknya.

Dikutip melalui laman kompas.com. Ternyata ada beragam alasan mengapa kamu harus lakukan brand refreshment pada bisnis kamu. Penasaran ada apa saja? Berikut alasannya:

1. Adanya Perubahan Pemilik Bisnis

Sebagai contoh jika kamu mengandalkan seseorang untuk mengurus bisnis kamu, atau kamu yang diharuskan mengurus sebuah bisnis. Nggak ada salahnya buat kasih sentuhan segar pada merek tersebut. Brand refresh bisa jadi cara tepat buat ngasih tau konsumen kamu mengenai siapa pemilik baru, memberi nuansa baru, dan nunjukin bahwa kamu serius mau bikin bisnis ini tumbuh.

2. Memperkuat Kompetisi Antar Brand

Dengan ketatnya persaingan bisnis saat ini, tentunya bikin kita ingin ngasih sentuhan baru pada merek supaya selalu terdepan di pasaran. Kadang-kadang, kalo keliatan konsisten mulu, bisa dianggap ketinggalan zaman dalam bisnis. Jadi, dengan wajah baru yang lebih fresh, bisa jadi kita punya cerita baru dalam bisnis dan produk kita.

3. Munculnya Perubahan Arah

Nggak ada salahnya merubah arah dalam bisnis, misalnya buat menjangkau pasar atau industri yang beda. Misalnya kita harus menjangkau orang-orang di wilayah baru atau pasar baru. Hal itu tentunya menjadi nilai tambah yang bisa kamu tawarkan.

4. Menarik Pelanggan Baru

Kalo kamu ingin meluncurkan sebuah produk baru atau tingkatkan layanan, ini waktu yang pas buat lakukan brand refreshment. Selain bikin merek utama makin kuat, ini juga bisa bantu tarik pelanggan baru loh.

Nah sekarang kamu jadi tahukan seberapa penting brand refreshment bagi bisnismu? Jadi buat kamu yang masih ragu-ragu, ingatlah bahwa brand refreshment bisa jadi kunci untuk membuka pintu baru bagi kesuksesan bisnismu. Dengan memberikan visual baru pada merek, kamu jadi bisa memperluas jangkauan, meningkatkan pasar bisnismu, dan menciptakan peluang baru yang menyegarkan untuk konsumenmu. Jadi, ayo beranikan diri untuk melakukan brand refreshment dan buat bisnismu berkembang ke arah yang lebih cemerlang!

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya