SHARE

Bagaimana Pengaruh Teknologi Terhadap Bisnis Kuliner di Era Digital?

Pengaruh teknologi terhadap bisnis, termasuk di industri kuliner, terus meningkat. Mengutip data dari survei PwC, sebanyak 55% perusahaan di industri F&B sudah menggunakan teknologi. Hal ini tidak terlepas dari manfaat dan keuntungan yang dirasakan oleh para pemilik bisnis kuliner dengan mengintegrasikan teknologi dalam operasional restoran/outlet

Memilih teknologi yang tepat untuk bisnis kulinermu akan berpengaruh besar terhadap produktivitas dan efektivitas bisnis. Kamu sebagai pemilik bisnis juga bisa lebih tenang karena bisa memantau kesehatan bisnismu dari mana pun. Selain itu, ada beberapa pengaruh teknologi terhadap bisnis kuliner yang layak kamu simak agar bisnismu bisa lebih bekembang dan beneran cuan.

Kurangi Risiko Human Error

pengaruh teknologi terhadap bisnis - kurangi risiko human error

Sumber: Dokumentasi ESB

Human error kerap kali terjadi dan tentunya dapat merugikan bisnismu. Mungkin karyawanmu kelelahan sehingga lupa atau kurang teliti input data penjualan, ada kesalahan perhitungan, dan masih banyak masalah lainnya.

Nah dengan memanfaatkan teknologi, kamu bisa meminimalisir human error, bahkan mencegah kecurangan (fraud). Hal ini dikarenakan sistem sudah didesain sedemikian rupa sehingga karyawan hanya perlu mempelajari sistem tersebut dan sistem akan melakukan pekerjaan secara otomatis, seperti pencatatan dan perhitungan transaksi.

Pada transaksi dengan mesin kasir konvensional, kasir rentan melakukan kesalahan seperti input jenis transaksi ataupun input nominal transaksi. Jika terjadi kesalahan, tentu bukan pebisnis saja yang merasakan kerugiannya, tapi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan juga menurun. 

Dengan memilih aplikasi kasir yang tepat seperti ESB POS Lite, human error dalam bisnismu bisa diminimalisir. Kamu bisa langsung tahu pembayaran mana yang belum masuk, mana yang masih stuck, dan bisa mengunduh laporan penjualan kapan pun. Kamu juga bisa melihat riwayat transaksi tanpa perlu ribet dan tentunya cepat.

Sekarang, ESB POSLite sudah dilengkapi fitur inventori yang akan membantumu mengontrol stok bahan baku dan bisa mendeteksi jika harga yang diberikan supplier jauh lebih tinggi daripada harga sebelumnya/harga pasaran. Penasaran? Cobain aja langsung!

Tingkatkan Kualitas Pelayanan

pengaruh teknologi terhadap bisnis - tingkatkan kualitas pelayanan

Sumber: Dokumentasi ESB

Pengaruh teknologi terhadap bisnis yang bergerak di bidang pelayanan mulai dari perbankan sampai restoran memang cukup besar. Jika sebelumnya pelanggan harus antre di kasir untuk memesan makanan, dengan adanya teknologi seperti ESB Kiosk, mereka bisa melihat menu restoran secara mandiri sehingga mempermudah pengambilan keputusan mereka untuk pesan makanan. 

Hal tersebut jelas akan meringankan pekerjaan kasir, selain itu juga memangkas antrean di outlet-mu. Kamu bisa memberikan pengalaman pesan dan makan pelanggan yang lebih memuaskan dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam bisnismu.

Jika pelanggan sudah terkesan dan puas dengan pelayanan di restoranmu, pasti mereka akan kembali lagi atau merekomendasikan restoranmu. Rekomendasi ini bisa jadi sarana marketing yang ampuh, tapi hemat biaya.

Hemat Biaya Operasional Bisnis

pengaruh teknologi terhadap bisnis - hemat biaya operasional bisnis

Sumber: Freepik

Pengaruh teknologi terhadap bisnis lainnya yaitu dapat memangkas biaya operasional dan material. Kalau kamu punya bisnis kuliner, termasuk UMKM kuliner, coba pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kasir dengan harga terjangkau, tapi fiturnya lengkap dan tentunya dapat mempermudah pekerjaanmu sebagai owner.

Kamu bisa menyederhanakan proses pemesanan dengan digitalisasi. ESB Order hadir sebagai solusi untuk mempermudah proses pesan sampai bayar serta membantumu meningkatkan omzet penjualan hingga 30%. ESB Order bisa efektif mengurangi antrean dan memudahkan kerja waiter/waitress karena pelanggan hanya perlu scan kode QR dari mejanya untuk pesan sampai melakukan pembayaran menu. 

Selain itu, lewat aplikasi tanpa instalasi ini, kamu pun bisa memberikan rekomendasi menu tambahan sesuai preferensi pelanggan. Rekomendasi menu ini bisa membantu menu-menu yang kurang diminati di restoranmu untuk terjual lebih banyak. 

Kamu juga bisa membuka restoran online-mu sendiri di Ayomakan. Ini jelas akan menghemat biaya dibandingkan membuka banyak cabang outlet sekaligus membuat biaya promosi restomu efisien. Dengan biaya komisi yang rendah, kamu tidak perlu takut untuk mulai jualan online dan bersiaplah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan serta meningkatkan penjualan. 

Pengambilan Keputusan Bisnis Lebih Cepat

Sumber: Unsplash/Campaign Creators

Sering sulit dan lama mengambil keputusan bisnis? Salah satu pengaruh teknologi terhadap bisnis yaitu akan membantumu membuat strategi dan keputusan bisnis yang lebih baik.

Misalnya, kamu adalah owner bisnis kuliner, bayangkan saja jika pencatatan masih manual dan kamu harus menyusun laporan penjualan setiap harinya untuk menjadi dasar pengambilan keputusan bisnis atau penyusunan strategi bisnismu ke depannya. Pasti pusing dan melelahkan ya?

Di sinilah ada pengaruh teknologi terhadap bisnis kuliner. Dengan menggunakan aplikasi kasir terintegrasi seperti ESB POS, kamu bisa membuat keputusan bisnis mencatat transaksi penjualan dan sudah terintegrasi dengan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di ESB Core yang bisa membantumu dalam pembuatan laporan keuangan otomatis. Karena pembuatan laporan ini akurat dan otomatis, kamu bisa membuat keputusan bisnis dengan lebih cepat dan tepat.

Selain itu, dengan ESB POS kamu leluasa untuk memantau kesehatan bisnismu secara keseluruhan sehingga bisa mengidentifikasi jika ada poin-poin strategi yang perlu kamu sesuaikan seiring berjalannya bisnismu.

Kamu juga bisa melihat dan menganalisis data dari semua cabang outlet-mu untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih terarah hanya dengan mengakses dashboard ESB Core. 

Tentunya pengaruh teknologi terhadap bisnis kuliner tidak terbatas pada keempat poin di atas. Tapi pada intinya, dengan memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin, kamu bisa menjalankan bisnis kulinermu dengan lebih efisien.

Tidak hanya itu, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk hal-hal yang lebih prioritas juga seperti waktu bersama keluarga. Masih bingung solusi teknologi mana yang tepat untuk bisnis kulinermu? Yuk, langsung hubungi Customer Care ESB di 153508.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya