SHARE

Apa Saja Sih yang Sistem POS Bisa Lakukan untuk Bisnismu

Ketika Anda pergi ke sebuah restoran, banyak kasir yang menggunakan sistem POS sebagai metode penyelesaian transaksi. Apa itu POS System? Point of Sales atau sistem POS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan penyelesaian transaksi jual beli. Sebelum menggunakan POS System, dahulu restoran masih menggunakan mesin kasir konvensional.

Ada banyak sekali jenis Point of Sales, tetapi biasanya sistem ini bentuknya sama seperti mesin kasir yang lengkap. Ada sebuah tablet yang disediakan khusus untuk dioperasikan. Konektivitasnya juga bisa menggunakan kabel maupun tanpa kabel. Ada beberapa kegunaan Sistem POS ini untuk sebuah bisnis. 3 diantaranya adalah:

1. Mudah Diakses di mana Saja

cr: unsplash/@markuswinkler

Pelaku bisnis bisa menjalankan dan melakukan monitoring terhadap restorannya di mana saja dan kapan saja. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena Sistem POS menggunakan sistem berbasis cloud.

Cloud adalah sebuah jaringan berbasis internet yang membuat penggunanya bisa menjalankan program dan mengakses data pribadi asalkan ada internet. Jadi, selama ada jaringan internet, pelaku bisnis tidak perlu datang langsung ke restoran untuk melakukan monitoring.

2. Bisa Memproteksi Data Pelanggan

cr: unsplash/@markusspiske

Bagi sebuah bisnis, data pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk dilindungi dan dijaga keamanannya. Ada banyak sekali data pelanggan yang biasanya dimiliki oleh restoran, seperti informasi kartu kredit.

Kelebihan dari Sistem POS adalah bisa memastikan bahwa informasi pelanggan akan tersimpan dengan baik dan aman. Tidak ada data yang disimpan dalam hardware sehingga semuanya terkomputerisasi.

Jika Sistem POS menggunakan internet untuk sebagian besar aktivitasnya, bagaimana jika kita memasukkan data saat sedang offline? Tenang saja, semua data dan transaksi bisa disinkronisasi saat sistem terhubung dengan jaringan internet, sehingga hal ini bukanlah masalah besar.

3. Memudahkan Proses Laporan Penjualan

cr: unsplash/@markusspiske

Keuntungan lain dari menggunakan Sistem POS ini adalah memudahkan proses laporan penjualan. Pertama, Anda akan lebih mudah untuk menghasilkan laporan penjualan lengkap dan akurat. Ketika semua transaksi, baik besar maupun kecil sudah dimasukkan maka akan sangat mudah untuk menghasilkan laporan terlengkap.

Laporan penjualan ini biasanya terdiri dari berapa banyak produk terjual, produk apa yang terlaris dan masih banyak lainnya.

Ketika Anda memanfaatkan Sistem POS, kesalahan umum seperti human error bisa diminimalisir sehingga data bisa dipastikan akurasinya. Kemudahan ini juga bisa terlihat saat restoran akan melakukan refund atau pengembalian barang.

Apabila ada pelanggan yang melakukan pengembalian barang, proses akan lebih mudah. Hanya membutuhkan beberapa klik dan verifikasi maka pembatalan bisa terproses. Jumlah barang juga akan kembali ke kuantitas semula.

Skema Sistem POS yang baik bisa Anda lihat melalui website https://www.esb.id/. ESB menyediakan skema restoran pintar yang tentunya sudah menggunakan sistem POS. Anda bisa tahu bagaimana proses berjalannya pesanan sejak pembeli baru masuk di restoran atau memesan secara online.

Di website ini, Anda juga bisa melihat simulasi pengaplikasian Sistem POS pada sebuah restoran. Bila Anda memiliki restoran yang menjual produk kepada bisnis lain atau melakukan transaksi B2B, website ini juga menyediakan skema yang bisa Anda jadikan contoh.

Secara keseluruhan, hampir tidak ada kekurangan menggunakan Sistem POS. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk terus menerus mempelajari perkembangan di dunia digital.

Jangan mau tergerus oleh zaman di era serba digital ini. Selain peluang kesalahan lebih rendah, transaksi bisnis juga bisa menjadi lebih mudah.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya