SHARE

5 Ide Inovasi Bisnis Kuliner Agar Siap Meroket di Tahun 2024

Industri bisnis kuliner selalu berkembang dan beradaptasi menyesuaikan kebutuhan serta preferensi konsumen. Menurut prediksi The International Market Analysis Research and Consulting Group (IMARC Group), pertumbuhan pasar F&B di Indonesia akan meningkat sebesar 12,15% dalam rentang 2024-2032.

Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ini yaitu perubahan preferensi konsumen, pertumbuhan e-commerce, pertumbuhan industri pariwisata, dukungan pemerintah terhadap industri F&B, dan influence dari media sosial.

Peluang pertumbuhan bisnis kuliner di tahun 2024 masih terbuka lebar untuk semua pebisnis yang siap menjawab berbagai tantangan tersebut dengan inovasi bisnis kuliner yang tepat.

Apa saja inovasi yang bisa kamu coba lakukan untuk mengembangkan bisnis kulinermu? Berikut 5 ide inovasi bisnis kuliner yang bisa jadi pemantik kamu untuk mulai melakukan perubahan agar bisnis makin berkembang.

1. Ciptakan Kreasi Menu Baru Healthy Foods

Inovasi Bisnis Kuliner dengan ciptakan kreasi manu baru healthy foods

Sumber: Unsplash/Anna Pelzer

Masyarakat Indonesia semakin sadar dan memperhatikan kesehatan. Hal ini berpengaruh ke preferensi konsumen yang secara stabil berubah menjadi healthy foods. Menurut prediksi Statista, permintaan makanan plant based akan konsisten meningkat dalam 5 tahun mendatang. 

Inovasi bisnis kuliner yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat menu makanan dan minuman berbahan sayur, buah, makanan kaya gizi dan antioksidan, serta makanan fermentasi.

Bahan yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan adalah produk organik yang diolah dengan cara yang menyehatkan. Kamu bebas berinovasi untuk membuat makanan dengan cita rasa lezat, tapi tetap punya gizi yang utuh dan menyehatkan konsumenmu.

2. Manfaatkan Pasokan Bahan Makanan Lokal

manfaatkan pasokan bahan makanan lokal untuk Inovasi Bisnis Kuliner

Sumber: Unsplash/Elaine Casap

Makanan lokal menjadi semakin populer di kalangan konsumen yang ingin mendukung produk-produk lokal. Selain memperhatikan bahan dan cara memasak, healthy foods juga bisa dibuat dengan menerapkan praktik yang ramah lingkungan.

Berdasarkan survei Katadata 60,5% dari 3.631 konsumen ingin membeli produk ramah lingkungan. Sejalan dengan hasil survei tersebut, 76% Gen Z ingin membeli bila perusahaan tersebut memberi dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Kamu bisa menciptakan inovasi bisnis kuliner yang ramah lingkungan dengan menawarkan tawarkan menu makanan lokal yang diolah dan disajikan dengan sentuhan modern. Kamu juga bisa menerapkan konsep "farm to table" untuk menyajikan makanan yang segar dan berkualitas dan bekerja sama dengan petani lokal untuk mendukung komunitas.

Penggunaan bahan makanan dari petani lokal membantu mengurangi emisi karbon yang disebabkan distribusi bahan makanan dalam jarak jauh. Selain itu, kamu juga mengurangi kebutuhan packaging dan penyimpanan dalam kulkas sehingga bisa mengurangi sampah dan konsumsi energi dengan memasok bahan baku dari petani lokal.

3. Buat Pelanggan Setia dengan Promosi yang Tepat

Inovasi Bisnis Kuliner biar pelanggan setia dengan promosi yang tepat

Sumber: Pexels/Ketut Subianto

Memberikan pelayanan yang prima, mulai dari memastikan karyawan ramah serta meracik menu yang berkualitas sampai membuat promosi yang tepat jadi kunci kesetiaan pelanggan.

Mengutip dari data PwC di tahun 2023, sebanyak 62% pelanggan membeli produk tertentu hanya saat ada promo/diskon spesial. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat promo menarik di restoran. Lewat loyalty program dari ESB Loop, kamu bisa menawarkan promo, hadiah, dan poin pada pelanggan untuk meningkatkan penjualan restomu.

Mengutip dari business.com, konversi penjualan pada pelanggan loyal berada di angka 60-70%, sedangkan pelanggan baru hanya di angka 5-20%.

Karenanya, penting untuk membuat strategi promosi yang tepat agar pelanggan tetap setia pada restomu. Dengan ESB Loop, kamu bisa mengatur program loyalitas sesuai kebutuhan resto. Dashboard-nya fleksibel sehingga kamu bisa menyesuaikan poin, minum transaksi, syarat dan ketentuan lainnya.

4. Tingkatkan Pengalaman Makan Pelanggan di Tempat

tingkatkan pengalaman makan dengan Inovasi Bisnis Kuliner

Sumber: Unsplash/Blake Wisz

Semenjak pandemi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) resmi berakhir di Indonesia, masyarakat memilih untuk merasakan kebersamaan selama makan lewat makan di tempat (dine-in). Dampak dari preferensi pelanggan dengan dine-in, menurut PwC di tahun 2023, sekitar 48% terjadi peningkatan antrean di toko/resto. 

Strategi inovasi bisnis kuliner yang bisa kamu terapkan untuk menjawab tantangan ini adalah dengan mengintegrasikan teknologi untuk mempercepat pelayanan pelanggan tanpa menurunkan kualitas.

Kamu bisa menggunakan kiosk untuk mengurangi antrean pelanggan dan memudahkan pelanggan dalam memilih menu sesuai dengan preferensi mereka secara tepat. Melalui kiosk, pelanggan bisa pesan sampai bayar pesanan secara mandiri. 

Selanjutnya, untuk memudahkan pelanggan pesan dari meja sehingga bisa mempermudah tugas waitress sekaligus mengurangi antrean pelanggan, kamu bisa menggunakan fitur scan di meja dari ESB Order.

Pelanggan bisa mengakses menu, pesan, sampai bayar cukup dari mejanya. Tak perlu takut pelanggan ribet karena ESB Order berbasis website sehingga tidak perlu install aplikasi untuk mengaksesnya. 

Inovasi agar pembayaran lebih lancar, aman, dan memudahkan kasir, salah satunya dengan menyediakan mode pembayaran digital dan QRIS dinamis.

Mengutip dari data PwC pada tahun 2023, sebanyak 56% pelanggan sudah terbiasa dan bisa melakukan pembayaran dengan cara “Scan & Go” seperti penggunaan QRIS.

Fitur pembayaran digital yang beragam dan QRIS dinamis ditawarkan oleh ESB POSLite. Sistem ESB POSLite membantu pemrosesan pesanan dan pembayaran lebih cepat dan efisien, serta mengurangi waktu tunggu bagi pelanggan.

5. Integrasikan Sistem Pemesanan Online

Inovasi Bisnis Kuliner dengan integrasikan sistem pemesanan online

Sumber: Freepik

Masyarakat Indonesia menyukai kemudahan pesan makanan online dari aplikasi pemesanan makanan. Karenanya, kamu bisa mengintegrasikan aplikasi kasir di restomu dengan sistem pemesanan online yang menyediakan banyak mode pemesanan, termasuk delivery.

Dengan menggunakan aplikasi kasir ESB POSLite dan mengaktifkan ESB Order, kamu bisa menerima pesanan dari mana pun sehingga penjualan bisa meningkat hingga 30%.

Kamu juga bisa menggunakan fitur scheduled order untuk membuat pesanan sesuai jadwal sehingga kamu bisa menyiapkan pesanan dengan lebih efisien. Fitur same day delivery juga bisa kamu dapatkan di ESB Order untuk mengirimkan pesanan yang lebih cepat dalam jangkauan area tertentu dari restomu.

Menjalankan bisnis kuliner memang harus selalu adaptif dan tak kenal lelah untuk terus berinovasi. Kamu bisa terus mengeksplor berbagai macam inovasi bisnis kuliner lainnya yang sesuai dengan target market serta brand-mu.

Jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi dan terus mengikuti tren konsumen agar inovasi yang kamu lakukan bukan hanya akan meningkatkan penjualan, tapi juga mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya