SHARE

5 Faktor Layanan Pesan Antar Makanan Makin Menjamur

Meskipun pandemi dinyatakan berakhir, tapi layanan pesan antar makanan makin meningkat? Masa sih? Iya, padahal sekarang masyarakat sudah diperbolehkan untuk memesan makanan secara langsung direstoran (dine-in) tanpa perlu delivery online loh.

Hal tersebut ikut diperjelas melalui berbagi survei yang dilakukan oleh lembaga-lambaga riset dalam maupun luar negeri. Seperti milik Measurable AI. Lembaga riset global yang merilis laporan bertajuk Asia Online Delivery Report: Food + Grocery. 

Measurable AI menganalisis layanan pesan antar makanan online secara global diperkirakan mencapai USD 365 miliar pada tahun 2025.

Selain itu, berdasarkan salah satu aplikasi pelayanan aplikasi pesan antar yang ikut membuat riset dan dituangkan dalam Laporan Grab: Tren Layanan Pesan-Antar Online di Indonesia 2023. Menunjukkan layanan pesan antar terus meningkat tiap tahunnya dan hal ini berdampak pada volume penjualan selama bertahun-tahun.

Hal tersebut disebabkan beberapa faktor atau perilaku konsumen yang terus berubah seperti penjelasan di bawah ini.

Ini 5 Faktor Kenapa Konsumen Masih Menggunakan Layanan Pesan Antar

Ini 5 Faktor Kenapa Konsumen Masih Menggunakan Layanan Pesan Antar

Sumber: Freepik.com

Terdapat 5 perilaku konsumen yang membentuk alasan mengapa layanan pesan antar terus digemari oleh masyarakat.

  1. Keinginan mendadak tiap konsumen untuk memesan makanan dengan praktis dan efisien seperti (makanan ringan, makan malam)
  2. Kebutuhan makanan sehari-hari
  3. Makan bersama keluarga yang membutuhkan makanan dengan porsi besar
  4. Makan siang bersama rekan kerja
  5. Untuk merayakan acara penting seperti memesan makanan untuk perayaan ulang tahun.

Bagaimana Tren Layanan Pesan Antar Makanan Saat Ini?

Bagaimana Tren Layanan Pesan Antar Makanan Saat Ini?

Sumber: Freepik.com

Tren layanan pesan antar makanan online di Indonesia semakin berkembang pesat, hal ini dibuktikan oleh perusahaan penyedia layanan riset dan analisis konsumen dalam judulnya Memahami Trend Makanan dan Minuman pada Gen Z & Milenial, dalam laporan tersebut tertulis kalau Gen Z dan Milenial adalah konsumen yang paling banyak berkontribusi dalam urusan belanja dan konsumsi dalam beberapa tahun ke depan.

Nah, Populix melakukan survei terhadap 3.138 orang, termasuk 1.590 orang Gen Z dan 1.548 orang Milenial. Dan hasilnya mengejutkan, loh! Ternyata, 57% dari mereka lebih suka memesan makanan dari luar daripada masak di rumah. Makanan adalah sumber energi utama mereka, dan ini akan mendorong pertumbuhan transaksi pesan antar makanan online di masa depan.

Jadi mungkin kamu sebagai pelaku bisnis sering berfikir, apakah layanan pesan antar akan terus efektif digunakan oleh para konsumen? Jawabannya tentu akan terus digunakan oleh banyak masyarakat.

Terlebih, saat ini sudah banyak sekali aplikasi atau penyedia layanan pesan antar makanan bagi bisnis kuliner kamu. Seperti GoFood, GrabFood, Shopee Food dll. 

Dukungan Teknologi Digital dalam Menjangkau Layanan Pesan Antar 

Dukungan Teknologi Digital dalam Menjangkau Layanan Pesan Antar

Sumber: Freepik.com

Pelaku usaha kuliner selalu mencari cara dalam menjangkau para pelanggannya, salah satunya menggunakan tren bisnis seperti Grab, Gojek, dan juga e-commerce lainnya yang menjadi solusi baru bagi para pelaku usaha kuliner, dengan memberikan jasa layanan pesan antar khusus makanan secara online. Layanan ini tentu saja menjadi salah satu pelayanan spesial bagi para pembeli.

Layanan pesan antar seperti Gojek, Grab, dan e-commerce lainnya bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk memakai jasa mereka dalam memasarkan bisnis kamu. Kamu bisa mendaftarkan toko ke aplikasi-aplikasi tersebut dengan memberikan tampilan menu yang dapat menarik minat pembeli saat melihatnya. Selain itu, untuk menunjang usaha kuliner yang sedang kamu kelola, dibutuhkan suatu software yang bisa memaksimalkan layanan maupun penjualan.

Untuk mendapatkan software yang memiliki fitur-fitur beragam dan cocok untuk usaha kuliner, sebaiknya kamu mencoba produk yang ditawarkan oleh ESB. 

Mengapa ESB? Karena sistem order online yang ditawarkan ESB memiliki beragam fitur yang lengkap dan juga mudah untuk dioperasikan. Adanya fitur mode delivery dalam, kamu bisa dengan mudah memaksimalkan layanan bisnis untuk melayani pesan antar. Tidak hanya delivery, masih ada juga mode lainnya seperti dine-in, pick up, dan drive thru.

Sangat mudah bukan? Jadi, jangan ragu untuk jadikan bisnis kamu lebih inovasi. Lupakan sistem manual untuk usaha kuliner kamu, dan beralihlah ke ESB Order. Semakin kamu menunda, semakin jauh bisnis kamu akan tertinggal.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya