SHARE

3 Ide Bisnis Franchise Murah untuk Pemula yang Beneran Cuan

Punya tabungan 10 sampai 20 juta bisa buka bisnis franchise? Jangan takut bermimpi buat jadi pengusaha kuliner dan bisa beneran cuan di tahun 2024 ini. Pasalnya, tahun dengan shio naga kayu bisa menjadi momentum baru yang bagus untuk memulai usaha. Berikut ini 3 ide franchise murah untuk pemula yang bisa kamu coba.

3 Ide Franchise: Modal Dikit, Cuan Selangit

franchise murah untuk pemula cuan selangit

Sumber: iStock / Andrii Yalanskyi 

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis franchise di industri kuliner, berikut ini beberapa ide franchise murah untuk pemula yang dapat kamu coba. Mulai dari makanan, jajanan, hingga minuman dengan modal yang ramah di kantong Sst…cuannya maksimal, lho!

1. Franchise Makanan

franchise murah untuk pemula makanan

Sumber: Freepik 

Kuliner Indonesia begitu beragam, sangat banyak makanan enak dan khas yang kita miliki. Salah satu menu makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia dan menjadi menu ayam olahan paling enak No. 1 di dunia menurut Taste Atlas pada 2023 adalah ayam goreng.

Ada banyak franchise ayam goreng di Indonesia, mulai dari brand internasional hingga lokal. Beberapa rekomendasi franchise murah untuk pemula dengan produk ayam goreng ialah Dkriuk Fried Chicken dengan 1.000 cabang tersebar di Pulau Jawa, Sabana dengan 3.000 outlet tersebar se-Indonesia, dan Ayam Gepuk Pak Gembus dengan 700 cabang.

Modal yang kamu perlukan untuk ketiga brand ayam goreng ini mulai dari 15-35 juta rupiah saja. Dengan omzet yang sangat menggiurkan antara 38 jutaan hingga ratusan juta setiap bulannya. Berbisnis franchise makanan seperti ketiga brand ayam goreng ini sangat menjanjikan untuk jangka panjang walau dengan modal sedikit tapi tetap cuan..

2. Franchise Jajanan

franchise murah untuk pemula jajanan

Sumber: iStock / Amarita 

Bisnis franchise murah untuk pemula berikutnya yang pasti dapat mendatangkan pembeli ialah franchise cemilan. Sebanyak 77% responden Mondelez Indonesia dalam survei “The State of Snacking” tahun 2019 lalu menyatakan lebih suka mengonsumsi camilan ketimbang makanan berat.

Di samping itu, penelitian dari Databoks (2022) menunjukkan bahwa gorengan menjadi pilihan paling pertama dan digemari oleh setidaknya 45% masyarakat Indonesia. Nilai ini jauh lebih tinggi dibandingkan pilihan roti/burger/pizza, keripik, dan asinan/manisan.

Banyak pilihan franchise murah untuk pemula yang menawarkan produk gorengan. Satu yang sedang hits misalnya, franchise tahu goreng. Produk ini begitu sering diincar oleh para pencinta gorengan. Kamu dapat memilih franchise Tahu Gila, Tahu Jeletot Taisi, atau Tahu Go.

Ketiga brand ini adalah franchise tahu goreng yang terkenal dan banyak dicari dalam 3 tahun ke belakang. Modalnya pun terbilang sangat minim hanya mulai dari 5 jutaan rupiah untuk Tahu Gila dan Tahu Jeletot Taisi. Namun omzet yang dihasilkan per bulan dapat mencapai 3 hingga 30 jutaan per bulan.

Walaupun kamu perlu merogoh kocek lebih dalam untuk berinvestasi di usaha franchise Tahu Go yakni sekitar 19 jutaan rupiah, omzetnya dapat mencapai 22–65% per tahunnya. Bila dibandingkan dengan keuntungan, investasi di Tahu Go termasuk dalam berbisnis franchise murah untuk pemula yang sangat menjanjikan.

3. Franchise Minuman 

franchise murah untuk pemula minuman

Sumber: iStock / Boonstudio 

Menurut Riset Kesehatan Dasar dari Kementerian Kesehatan (2018), setidaknya 60% masyarakat Indonesia sangat gemar mengonsumsi minuman manis lebih dari satu kali sehari. Kopi, susu, dan teh menjadi minuman rasa terfavorit yang dikonsumsi masyarakat Indonesia selama 6 bulan berturut-turut (Databoks, 2022).

Salah satu franchise murah untuk pemula yang menjual produk kopi dan sedang naik daun ialah Kopi Susu Nyopee. Franchise kopi satu ini dan hanya perlu modal 7 jutaan rupiah saja. 

Terdapat salah satu sumber menyebutkan bahwa Kopi Susu Nyopee hanya dapat menyediakan 40 gelas per hari. Bila dihitung-hitung, franchise kopi ini dapat memberikan keuntungan sekitar 400 ribu sehari atau mencapai 12 juta rupiah dalam sebulan.

Sementara bila kamu ingin mencari franchise murah untuk pemula yang menjual produk teh, kamu bisa mempertimbangkan Es Teh S.O.L.O dan Dum Dum Thai Tea. Bayangkan dengan modal awal sekitar 4 juta saja, kamu bisa mendapatkan omzet hingga 7 jutaan rupiah dalam sebulan? Fantastis, bukan?

Tetapi kamu tetap harus berhati-hati dalam menentukan dan menjalankan bisnis franchise murah untuk pemula seperti di atas. Berikut ini terdapat beberapa tips yang perlu kamu pahami sebelum memulai bisnis franchise-mu di tahun ini.

Tips Memulai Bisnis Franchise F&B

1. Cerdik dalam Memilih Franchise

cerdik dalam memilih franchise murah untuk pemula

Sumber: iStock / Khanchit Khirisutchalual 

Selain mempertimbangkan modal awal, dalam membuka franchise kamu juga harus dapat melihat reputasi dari waralaba tersebut. Pilihlah brand yang telah memiliki banyak cabang dan bereputasi baik. Sesuaikan dengan minat pasar saat ini dan potensi ke depannya, serta ketertarikan kamu pada produk yang dijual.

Kamu dapat membuat perbandingan nilai positif dan negatif yang kamu temui dari hasil riset dan berdiskusi dengan pemilik franchise maupun pengusaha lainnya.

2. Pahami Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

pahami syarat dan ketentuan franchise murah untuk pemula

Sumber: iStock / mdisk 

Sebelum kamu memastikan ingin bekerja sama dengan pemilik franchise tertentu, kamu wajib membaca dengan teliti dokumen kerja sama (MoU) yang kamu terima. Hal ini sebagai upaya untuk memastikan tidak adanya poin-poin yang bisa merugikanmu sebagai franchisee

Selain itu pastikan tidak ada hal-hal yang mengganjal di benakmu. Bila terdapat banyak pertanyaan, sebaiknya langsung diutarakan di awal agar jelas dan tidak menjadi asumsimu sendiri. Termasuk sistem franchise, pembagian hasil, paket usaha yang kamu dapat, dll.

3. Tingkatkan Keahlian Bisnis Franchise-mu

tingkatkan keahlian bisnis franchise murah untuk pemula

Sumber: iStock / gorodenkoff 

Jangan pernah malas ataupun merasa cukup untuk terus mengembangkan dirimu. Sebagai seorang pengusaha kuliner, kamu perlu terus mengasah dan memperdalam ilmu franchise. Hal ini bisa dilakukan dengan berdiskusi ke sesama pengusaha kuliner, pemilik franchise lainnya, ataupun mengikuti komunitas pengusaha F&B tertentu.

Ide-ide franchise murah untuk pemula di atas bisa kamu coba dan jangan lupa untuk mengimplementasikan tips yang ada di sini juga, ya. Selamat mencoba bisnis franchise F&B yang beneran cuan!

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya